Senin, 18 Januari 2010

Berlibur ke Belitung: Liburan yang Menyegarkan Pikiran

Pulau Belitung yang terletak di sebelah selatan pulau Sumatera jarang sekali bahkan hampir tidak pernah dikunjungi oleh turis asing. Meskipun menyimpan banyak pesona, pulau Belitung tetap kalah bersaing dengan tempat-tempat lain yang sudah lebih dahulu terkenal sebagai surga wisata. Padahal pulau yang dahulu terkenal sebagai penghasil timah ini sangat cocok bagi turis yang mendambakan ketenangan dalam berlibur. Tidak seperti pulau Bali atau Lombok, pantai-pantai di Belitung masih asli dan belum terjamah oleh tangan-tangan kekar pariwisata. Apabila Anda belum pernah merasakan keasliannya, buktikan saja sendiri, datanglah ke Belitung dan nikmati liburan yang berkesan.

Berlibur ke Belitung adalah agenda yang cocok bagi wisatawan berbudget rendah yang ingin mengunjungi tempat yang sepi dan tenang. Cara mencapainya pun sangat mudah. Ada dua alternatif transportasi: pesawat udara atau kapal cepat. Apabila Anda memilih pesawat, hanya dalam 45 menit Anda akan sampai ke pulau yang eksotis ini. Merpati Indonesia menjadwalkan dua kali penerbangan (dari dan ke) kota Tanjung Pandan (ibukota kabupaten Belitung) setiap hari. Namun, jika Anda seorang petualang sejati dan ingin merasakan pengalaman berlibur yang unik, cobalah naik kapal cepat. Kapal cepat membutuhkan waktu kurang lebih lima jam. Selama itu Anda bisa menikmati pemandangan laut lepas sambil berinteraksi dengan para penumpang kapal yang berasal dari bermacam-macam latar belakang.

Sesampainya di Belitung, Anda dapat memilih berbagai akomodasi yang benar-benar murah. Hotel Makmur di jalan Endek misalnya, menawarkan kamar yang sederhana namun cukup nyaman dengan harga 50 ribu rupiah per hari. Pilihan untuk tinggal di jalan Endek sangat tepat karena jalan ini terletak di pusat kota Tanjung Pandan sehingga akan memudahkan Anda untuk pergi kemana-mana. Selain itu di jalan ini terdapat banyak kedai masakan Cina yang selain enak juga membuat ketagihan.

Seperti telah disebutkan di atas, Belitung merupakan tujuan berlibur yang cocok bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Hanya dalam tiga hari Anda dapat mengisi liburan Anda dengan berbagai kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran Anda. Pada hari pertama Anda harus pergi ke pantai. Ada dua buah pantai yang terkenal indah di Belitung: pantai Tanjung Kelayang dan pantai Tanjung Tinggi. Kedua pantai ini terletak berdekatan dan masih sangat asli keindahannya. Letaknya sekitar 27 km dari kota Tanjung Pandan dan cukup terisolir karena di sekitar pantai tersebut tidak terlalu banyak rumah penduduk. Anda pasti akan merasa bahwa kedua pantai itu adalah milik pribadi Anda. Anda dapat berenang dan mandi matahari sepuasnya tanpa harus terganggu oleh penjual souvenir atau penjaja makanan kecil. Pantai Tanjung Kelayang berpasir putih dan air lautnya benar-benar jernih. Di kejauhan Anda dapat melihat sebuah pulau yang disebut pulau Burung oleh masyarakat Belitung karena di pulau yang tak berpenghuni itu terdapat susunan batu-batu besar yang menyerupai kepala burung raksasa. Anda bisa menyewa kapal untuk pergi ke pulau tersebut jika Anda tertarik. Pantai Tanjung Tinggi tidak kalah menawan, di pinggir pantai terdapat banyak cottage yang berbentuk rumah panggung (rumah tradisional Belitung). Pada jaman dahulu para penduduk awal pulau Belitung menggunakan kolong rumah sebagai kandang hewan., seperti ayam atau babi.

Apabila Anda belum puas berenang di laut namun menginginkan suasana yang berbeda, pada hari kedua Anda dapat mencoba pengalaman lain yang akan membuat Anda semakin dekat ke alam. Jawabannya adalah “Kolam Renang Jerry” yang terletak di daerah Perawas. Jika Anda berpikir bahwa ini kolam renang biasa, Anda salah. Di sana Anda bisa berenang di sungai berair jernih yang terletak di tengah sebuah hutan kecil. Suasananya sejuk karena dikelilingi pohon-pohon besar. Pak Jerry, pemilik Kolam Renang Jerry adalah seorang pecinta alam, sungai kecil yang terdapat di belakang rumahnya dibuka untuk umum. Sambil berenang di sungai yang sangat efektif untuk merilekskan pikiran, Anda juga akan terhibur oleh suara kicauan burung-burung liar yang banyak terdapat di hutan sekelilingnya.

Pada hari terakhir Anda di Belitung, Anda dapat mengunjungi Tanjung Pendam. Wilayah kecil di pinggir pantai yang juga bernama sama ini dipenuhi oleh rumah-rumah tua peninggalan Belanda di jaman kolonial dulu. Anda akan merasa seperti mengunjungi sebuah kota tua. Selain itu di daerah Tanjung Pendam juga terdapat Museum Timah yang menunjukkan jejak-jejak sejarah para penambang timah di daerah Belitung pada awal abad-20. Setelah puas berkeliling Tanjung Pendam, jalan-jalanlah ke pasar tradisional Belitung yang dikenal dengan sebutan Pasar Ikan meskipun pasar ini tidak hanya menjual ikan namun juga barang-barang lainnya. Di pasar ini Anda dapat membeli berbagai macam makanan khas Belitung, seperti jungkong (semacam puding dengan saus santan yang diberi gula merah), rintak (kue kering berbentuk bunga dengan lima kelopak), dan juga Gangan (ikan dalam kuah kuning) yang harus dimakan dengan nasi.. Konon, apabila sudah mencicipi Gangan Anda pasti ingin terus kembali ke Belitung.

Pulau Belitung adalah pulau yang relatif sepi. Jadi dalam tiga hari saja sudah banyak yang dapat Anda kunjungi. Bagi Anda yang suka sesuatu yang hiruk-pikuk tentunya Anda akan merasa bosan, namun jika tujuan Anda untuk menenangkan pikiran maka jangan ragu-ragu untuk datang ke pulau ini. Lihatlah lebih dekat dan jelajahilah pulau timah ini. Anda akan merasakan pengalaman berlibur yang tak terlupakan.


Rosemary Kesauly

Mantan Staf Pemasaran Alam Bahasa Indonesia
Penulis adalah juara 1 lomba menulis novel remaja Gramedia Pustaka Utama, Februari 2005

Sumber :
http://bulletin.alambahasa.com/liburan-jalan-jalan/34/berlibur-ke-belitung-liburan-yang-menyegarkan-pikiran/
3 Mei 2008

1 komentar:

  1. PAKET WISATA BELITUNG 3 HARI 2 MALAM, PAKET WISATA BELITUNG, PAKET WISATA KE BELITUNG, PAKET WISATA BELITUNG MURAH, PAKET WISATA BELITUNG BACKPACKER, PAKET WISATA BELITUNG 2017, PAKET WISATA BANGKA BELITUNG 3 HARI 2 MALAM, PAKET WISATA BANGKA BELITUNG 2 HARI 1 MALAM, PAKET WISATA KE BANGKA BELITUNG, PAKET WISATA BANGKA BELITUNG 2018, PAKET WISATA BELITUNG 3D2N, PAKET WISATA PULAU BELITUNG, PAKET WISATA PULAU LEEBONG BELITUNG, PAKET WISATA BELITUNG 2016, PAKET WISATA BELITUNG TANPA HOTEL, HARGA PAKET WISATA BANGKA BELITUNG, PAKET WISATA BELITUNG 4 HARI 3 MALAM, PAKET WISATA BANGKA BELITUNG 2016, PAKET WISATA BANGKA BELITUNG 2017, PAKET WISATA DI BELITUNG
    Paket Wisata Bangka Belitung

    BalasHapus